Senin, 21 Desember 2009

bahasa kalbu

Tulisan ini bukan untuk membahas isi dari salah satu lagu Titi DJ, hanya sekedar luapan dari hati yang ingin dituliskan...dengan kata lain curhat kali ya :)

Seringnya berkomunikasi dengan teman melalui dunia maya memberikan warna tersendiri dalam hidup. Betapa tidak, kita dapat mengembangkan pembicaraan ataupun sekedar mencari celah yang menyegarkan saat teman kita tidak tau lagi apa yang harus diobrolkan....selama dalam batas-batas kesopanan dan nilai positif sih ga papa kan?

Manusia itu unik, ada yang bisa mewakilkan bahasa kalbu/ bahasa batinnya mendekati sempurna melalui tulisan, tapi kurang bisa mewakilkannya melalui lisan di dunia nyata. Hal ini bisa dimengerti karena memang keadaan dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Di dalam dunia maya, seseorang dapat mengekspresikan dirinya tanpa banyak dipengaruhi oleh sisi psikologis yang terkadang sering "mengacau" setiap perjumpaan di dunia nyata...intinya, bagi sebagian orang tidak mudah men-translate bahasa kalbu ke dalam bahasa lisan. Type orang seperti ini biasanya introvert....ada yang 'ngrasa ga? hehe.......

Balik lagi ke bahasa kalbu, bahasa ini adalah bahasa yang paling murni dan bersifat abstrak, kira-kira ada yang tau 'ga letak geografisnya ada di belahan tubuh bagian mana? ^_^
terkadang, ketika bahasa kalbu ingin disampaikan melalui bahasa lisan/ tulisan/ gerak mengurangi kapasitas dari makna aslinya. Kalau dianalogikan seperti mata air, bahasa batin adalah bahasa murni sebuah mata air pegunungan, sedangkan bahasa lisan/ tulisan/ gerak adalah bahasa yang dikeluarkan dari mata air yang sama di muaranya, sehingga mengakibatkan perbedaan tingkat kesucian (mis: dipengaruhi oleh kurangnya perbendaharaan kata).

Apa mau dikata, bahasa batin seseorang tidak mungkin bisa dipahami oleh orang lain tanpa mewakilkannya menjadi bahasa perantara, baik tulisan, lisan atau body language sebagai media komunikasi antar sesama.
BTW, ngetik 'n ngetik...curhatnya sebelah mana ya

Tidak ada komentar: